Momentum Harga dan SnR

Analisa Teknikal 5
Momentum Harga dan SnR

Momentum adalah situasi dimana harga bergerak dalam volume yang besar, seringkali di sertai pula dengan pergerakan yang cepat. Misalnya eur/usd yang rata-rata volume pergerakan perharinya 90-130 pips, tapi disuatu hari (jum’at misalnya), volumenya mencapai 250 pips atau lebih. Dalam situasi seperti ini, sangat disarankan kita mengambil posisi yang sama dengan momentum yang sedang terjadi. Jika momentumnya naik atau bullish, maka yang mesti kita cari adalah level support terbaik. Sebaliknya, jika momentum yang sedang terjadi adalah bearish maka level resistance-lah yang kita cari.


Kenapa demikian?, karena momentum harga menunjukkan ketidakseimbangan supply and demand. Pada grafik harga yang kita lihat di chart, momentum harga dapat kita tandai dengan melihat harga yang menembus (break) level support dan resistance, untuk yang ini sudah kita ulas pada postingan sebelumnya (klik disini: ). Selain itu momentum juga biasanya ditandai dengan candle panjang. Ketika momentum harga terangkum hanya dalam satu candle  yang sangat panjang, maka biasanya harga selanjutnya akan terus mengikuti arah candle panjang tersebut. Mari lihat gambar aud/usd tf h1 dibawah ini:


Perhatikan candle panjang aud/usd tf h1 diatas. Panjang candle tersebut mencapai 200 pips. Jelas candle tersebut menunjukkan momentum harga bearish yang kuat, ia juga menembus level support sebelumnya dengan sangat dominan. Apa yang harus kita lakukan ketika berhadapan dengan situasi seperti ini? Pertama, menahan diri untuk tidak mengambil posisi yang berlawanan dengan momentum, karena itu sangat berbahaya, nasehatilah tangan anda untuk tidak gatal hehe... Kedua,  sikap yang paling aman adalah tidak mengambil posisi apapun (ya iyalah hehe). Amati saja dulu apa yang terjadi selanjutnya.


Jika yang terjadi selanjutnya adalah harga terus bergerak searah dengan candle panjang tersebut, maka sejauh mana pergerakannya. Jika cukup jauh dari close candle panjang itu maka harga dimana candle panjang close bisa dijadikan sebagai level support dan resistance (pada gambar diatas adalah level resistance). Yuk kita amati lagi gambar chart seperti dibawah ini:


Perhatikan, candle panjang pada gambar diatas close diharga 0.93415, lalu kita tandai area tersebut dengan meletakkan garis horizontal (garis kuning). Karena harga setelah  candle panjang terus menghujam kebawah sampai 180 pips, maka garis horizontal tadi sudah sah menjadi garis resistance. Maka ketika harga full back atau bounce atau kembali lagi ke area garis horizontal kuning (0.93415/resistance 1) tadi, maka saat itulah kita entry sell dengan peluang profit 180 pips. Jangan pernah lupa memasang stop loss sekitar 20-30 pips diatas garis resistance.

Lalu bagaimana jika harga setelah candle panjang berbalik arah atau bergerak melawan candle panjang tersebut?. Letakkanlah garis harisontal di open candle panjang dan di close candle panjang. Amati harga ketika mendekati atau menyentuh garis open candle panjang, disana tempat yang tepat untuk entry posisi. Jika candle panjang adalah bearish maka sell, jika candle panjang bullish maka buy. Gunakan open candle sebagai titik entry dan close candle sebagai titik take profit. Lihat gambar berikut:


Selamat berlatih. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat

1 komentar:

  1. Yuk main disini dan menangkan jackpot sekarang,., nih aku mau kenalin DNAPOKER

    Hanya Dengan Minimal Deposit Rp 10.000,- kamu Sudah Bisa Menikmati Semua Permainan Dalam 1 user id loh .

    Dapatkan juga bonus-bonus menarik dari kami yaitu :
    - Bonus New Member 20%
    - Bonus Setiap deposit 100 rb
    - Bonus Turnover Mingguan 0.3%
    - Bonus Refferal Seumur Hidupku

    Dijamin 100% Fair Player Vs Player, Online 24 jam & 100% Pasti Bayar.
    Jadi tunggu apalagi, Ayo bergabung dan Download aplikasinya sekarang juga di hp kamu.

    Link Altenatif kami :
    www.dnapkr.club
    www.dnawin.co
    www.dnawin.net

    WA : +85586392773
    Line : dnapoker
    Wechat : dnapoker
    BBM : E33FF559

    agen poker online
    agen poker ceme online
    agen poker qiu qiu
    agen poker terbaik dan terpercaya
    agen poker
    agen domino qiu qiu
    dnapoker
    dnanaga
    dnahoki
    dewapoker
    nagapoker
    promo bonus

    BalasHapus